Wartakini.id – Ducati menutup rangkaian Ducati World Premiere 2025 dengan "Unlock Everyday Adventure", mengumumkan generasi terbaru Ducati Multistrada V2 dan V2 S. Setelah sukses meluncurkan Ducati Panigale V2 dan Streetfighter V2 di EICMA awal November lalu, pabrikan Borgo Panigale kembali memperluas lini motornya dengan mesin V-Twin 890cc. Kehadiran Multistrada V2/V2 S menandai langkah strategis Ducati dengan platform 890cc yang tak lagi mengandalkan katup Desmodromic, merespon permintaan pasar yang lebih luas.

Related Post
Meski meninggalkan ciri khas katup Desmo, mesin V-Twin tetap menjaga reputasi Ducati. Mesin 890cc ini lebih ringkas dan ringan dibanding platform Testastretta atau Panigale V2 sebelumnya, menawarkan biaya perawatan lebih rendah dan tenaga yang lebih terkontrol: 115 hp pada 10.750 rpm (turun 5 hp dari Panigale V2 dan Streetfighter V2) dan torsi 92 Nm pada 8.250 rpm. Keunggulan lain adalah torsi maksimum 70 persen dicapai serendah 3.500 rpm dan tetap di atas 75 persen hingga 11.000 rpm, dengan bobot hanya 55 kg.

Ducati mengklaim sasis Multistrada V2 S lebih ramping dan ergonomis, dengan tinggi jok 830 mm. Varian V2 S dilengkapi suspensi Ducati Skyhook yang menurunkan ketinggian jok saat berhenti. Jarak sumbu roda 1572 mm memberikan kenyamanan bagi pengendara dan penumpang, ditambah deflektor angin yang dapat diatur. Sistem pengereman dipercayakan pada Brembo, dengan cakram depan 320 mm dan kaliper 4 piston, serta cakram belakang 265 mm dan kaliper 2 piston. Fitur Cornering ABS menjadi standar, diakses melalui panel instrumen TFT 5 inci.
Multistrada V2 S menawarkan lima mode berkendara: Sport, Touring, Urban, Enduro, dan Wet. Pengendara dapat mengatur ABS, kontrol traksi, kontrol wheelie, dan kontrol rem mesin melalui mode-mode tersebut. Fitur standar lainnya termasuk cruise control dan fungsi Coming Home yang secara otomatis menyalakan lampu low beam saat motor dimatikan dan menyala saat memasuki area gelap.
Tinggalkan komentar