Mobil Listrik China Murah Meriah, Jepang Tercengang!

Mobil Listrik China Murah Meriah, Jepang Tercengang!

Wartakini.id – Jepang dibuat tercengang dengan harga mobil listrik buatan China yang sangat terjangkau, khususnya BYD Atto 3. Setelah membongkar SUV listrik tersebut, para peserta seminar EV di Jepang bertanya-tanya, "Bagaimana mobil ini bisa diproduksi dengan biaya serendah itu?"

BYD Atto 3 merupakan mobil listrik pertama BYD yang diluncurkan di Jepang pada Januari 2023 dengan harga mulai dari sekitar 4,4 juta yen (Rp450 juta). Sejak saat itu, BYD telah meluncurkan dua mobil listrik terlarisnya di Jepang, yaitu Dolphin dan Seal, dengan harga mulai dari 3,63 juta yen (Rp371 juta) dan 5,28 juta yen (Rp541 juta). Seal, yang dianggap sebagai pesaing Tesla Model 3, diluncurkan pada akhir Juni dan langsung menjadi mobil listrik impor terlaris di Jepang pada Agustus 2024.

Mobil Listrik China Murah Meriah, Jepang Tercengang!
Gambar Istimewa : pict.sindonews.net

Keberhasilan BYD di pasar mobil listrik global, termasuk di Jepang, membuat para produsen mobil Jepang penasaran. Mereka ingin tahu bagaimana BYD dan produsen mobil listrik China lainnya dapat memproduksi kendaraan dengan biaya yang sangat rendah.

Seminar EV dan Pembongkaran BYD Atto 3

Biro Ekonomi dan Perdagangan Jepang Tengah mengadakan seminar pada awal bulan ini untuk mempelajari tren kendaraan listrik berbasis baterai (BEV). Sekitar 70 perusahaan suku cadang otomotif dari Jepang menghadiri acara tersebut, di mana lebih dari 90.000 suku cadang dari 16 kendaraan listrik asing dipamerkan.

Atto 3, NIO ET5, dan Tesla Model Y dipamerkan, tetapi SUV listrik BYD mencuri perhatian. Para peserta bertanya-tanya, "Bagaimana mobil ini bisa diproduksi dengan biaya serendah itu?"

Rahasia di Balik Harga Murah BYD

Seperti banyak kendaraannya, Atto 3 dijual dengan harga di bawah 140.000 yuan (Rp300 juta) di China. Mobil listrik termurahnya, Seagull, dijual dengan harga di bawah 69.800 yuan (Rp150 juta) di pasar domestiknya. BYD mampu menawarkan kendaraan dengan harga sangat rendah karena memproduksi sebagian besar komponennya sendiri.

Berawal sebagai produsen baterai, BYD memiliki keunggulan dibandingkan pesaingnya. Menurut data CnEVPost, BYD adalah produsen baterai mobil listrik terbesar kedua di dunia. Selama sembilan bulan pertama tahun 2024, BYD memegang pangsa pasar 16,4% di pasar baterai mobil listrik global, kedua setelah CATL dari Cina dengan 37,1%.

Baterai mobil listrik dapat menyumbang lebih dari sepertiga total biaya kendaraan, tetapi BYD masih memproduksi hampir semua komponen kendaraan secara internal.

Integrasi dan Efisiensi Komponen

Kecuali untuk jendela dan ban, BYD membangun semua komponen Dolphin. Di Jepang, Dolphin bersaing dengan Toyota Prius dan Nissan LEAF. BYD juga mengintegrasikan suku cadang, seperti 8-in-1 E-Axle yang mencakup motor, inverter, dan peredam untuk mengurangi biaya.

Sho Kato, kepala departemen Nissin Seiki, yang menghadiri acara tersebut, mengatakan, "Saya terkejut dengan sedikitnya jumlah suku cadang yang digunakan oleh BYD dan Tesla." Kato menambahkan, "Perusahaan kami juga berharap untuk menggunakan pengalaman yang diperoleh dari bisnis kami yang ada untuk memasuki bidang mobil listrik."

Jika keberatan atau harus diedit baik Artikel maupun foto Silahkan Laporkan! Terima Kasih

Tags:

Ikuti kami :

Tinggalkan komentar